Friday, August 22, 2008

Memotong Image dan menggabungkannya di PHOTOSHOP

1. buka file image (file A) yang mau kita potong, saya contohkan photo pona’an saya,







2. pilih alat untuk menyeleksi, saya pake lasso tool, atau bisa juga pake polygonal lasso, jika kurang nyaman menggunakan mouse-nya pake aja polygonal lasso.
3. pada file A, buat layer baru ( Shift+Ctrl+N ), yang rencananya akan saya gunakan untuk mengisi bagian seleksi dengan warna foreground yang selanjutnya akan saya gunakan sebagai cetakan untuk memotong bagian yang dimaksud.



4. aktif di layer baru tadi, mulailah membuat seleksi, dalam membuat seleksi ambil bagian dari perbatasan object dengan background, disini dituntut ketelitian dan kesabaran yang cukup supaya mengdapatlkan hasil memotong yang bagus.




5. untuk menambah seleksi, sambil menggunakan lasso tool tekan shift, untuk mengurangi seleksi tekan alt




6. setelah semua bagian terseleksi, beri efek feather ( Alt+Ctrl+D ), kira-kira 2 poin dengan maksud supaya hasil potongan terlihat lebih halus




7. buka/siapkan file gambar yang akan digunakan sebagai background (file B). Aktifkan file A, aktif di layer baru yang kita buat tadi lalu buat seleksi dari object yang ada. Setelah seleksi terbentuk aktifkan layer yang ada gambar yang mau kita potong, gunakan move tool drag object yang terseleksi masukkan ke file B








8. sampai disini kita sudah melakukan pemotongan gambar dan menggabungkan dengan gambar lain. Selanjutnya kita dapat tambahkan teks atau efek yang kita anggap perlu







9. jika sudah dianggap selesai pilih Layer > Flatten Image, untuk menyatukan semua layer, lalu simpan dengan format jpg

oya, photoshop yang saya pake masih pake photoshop 7, tapi sama kok pake CS juga



(untuk segala kekurangannya saya tunggu komentar dan sarannya)


Bookmark and Share

2 comments:

  1. Saya bnr-bnr sgt t'ksan, kagum mlihat smua kreasi design gambar-gambar d blog ini..
    Saya sbnrny bukan ga pingin mnguasai photoshop, sgt kpingin mnguasainy, hanya dja saya bingung harus mmulai dari mana biar bisa edit-edit gambar..
    Kalo boleh tau, om pribadi butuh brp lama bisa hebat design spt ini??
    Saya hanya ingin t'pacu pula tuk blajar ilmu ini..

    Greetings from Oilink

    ReplyDelete
  2. salam Ihsanul Huda, thanks sudah mengapresiasi postingan ini, untuk bisa yang pasti adalah adanya keinginan dulu (mutlak) karena biasanya gara-gara itu keinginan untuk lebih tau dan bisa akan muncul :)
    berdasarkan pengalaman ngajarin orang he he he ... untuk tau programnya seminggupun bisa, selanjutnya tergantung orangnya aja ...

    ReplyDelete

SO....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...