Friday, May 01, 2009

Membuat Efek Komik di Photoshop


berawal dari seringya akhir-akhir ini saya melihat gambar-gambar vektor dan komik,
ah kenapa gak saya coba untuk membuat efek komik di photoshop dengan efek yang ada di filter saya coba semua yang kira-kira bisa membuat gambar photo jadi sedikit berbeda, trus saya kombinasikan dengan efek yang lain, lalu saya coba geser layer keatas dan kebawah, akhirnya dapat juga yang saya inginkan.. ya namanya juga belajar
mungkin masih banyak kekurangan, saya kurang begitu pasti urutan pengerjaannya karena selama ini saya hanya mengandalkan kekuatan visual saya jadi sepertinya gak ada kepastian nilai poin yang harus saya isikan disetiap efek, contohnya pemakaian levels nilai yang diberikan tidak pasti sama kalau saya mengulanginya meskipun pada gambar/kondisi yang sama.

mungkin secara garis besar bisa saya urutkan begini:
-open image/file yang mau diedit

-lalu layerbackground saya copy, jadi layer copy 1

-layer copy 1 di filter-blur-smart blur, agar image jadi halus

-setelah halus lalu di filter-artistic-cutout

-lalu pada layer copy 1 blending mode-nya pake overlay.-kembali ke layer background saya copy jadi layer copy 2
-layer copy 2 saya ubah image-adjustments-desaturate
-layer copy 2 ubah lagi filter-artistic-poster edges untuk mendapatkan garis/kontur pembentuk image setelah itu bercak yang hitam yang tidak terpakai saya buang de
ngan levels
-lalu pada layer copy 2 blending mode-nya pake multiply
-sampai sini efek komik yang dimaksud sudah terlihat

-untuk memberi efek halftone layer background saya copy jadi layer copy 3, lalu diubah: image-adjustments-desaturate,
-lalu buka palete channels, tekan ctrl lalu klik pada thumbnail di channels RGB untuk mendapatkan seleksi
- kembali ke layer copy 3, lalu add layer mask- pada layer mask di layer copy 3 gunakan filter-pixelate-color halftone nilai yang dipake besarnya disesuaikan, lalu di invert
- layer copy 3 blending modenya pake multiply
- jadilah efek halftone yang diinginkan


kira-kira begitulah, masih bingung? sama! ternyata lebih gampang praktek langsung he he he...




Bookmark and Share

4 comments:

  1. lagi - lagi,.... hayo ... bagi-bagi ilmunya!

    ReplyDelete
  2. bagus bro...
    jangan berhenti berkarya anak indonesia...

    ReplyDelete
  3. thanks banget, tapi jujur aq masih agak mbulet, hehehe. perlu kusus ke pyn.

    ReplyDelete
  4. @Zah: yang penting berminat dulu nantipun pasti bisa kok, selamat mencoba :)

    ReplyDelete

SO....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...